0

Tegas Sama Diri Sendiri

Dalam hidup, kita pasti dihadapkan pada pilihan-pilihan. Kita bebas memilih mana yang menurut kita paling baik. Meskipun untuk menentukan keputusan itu terasa sangat sulit. Kita mau memilih pilihan A, resikonya begini. Pilih pilihan B resikonya begitu. Terkadang memperdulikan omongan orang, tapi membuat kita ga nyaman. Pernah di posisi seperti ini?. Semua orang pasti pernah mengalami.

Pepatah mengatakan, pengalaman adalah guru yang paling baik. Kita bisa ambil hikmah dari setiap kejadian. Baik yang dialami oleh sendiri maupun oleh orang lain di sekitar kita.

Dan ketika dihadapkan oleh pilihan yang membingungkan. Ikuti kata hati. Kita tahu bahwa hati itu tidak pernah berbohong. Sekuat tenaga kamu melawan, dari dalam lubuk hati terdalam pasti akan mengarahkan kita ke hal-hal yang baik. Bukankah fitrahnya kita di anugrahi hati yang perasa dan menuntun kita ke arah yang baik? Kita harus tegas sama diri sendiri.

Berhenti untuk berusaha menyenangkan semua orang. Karena apapun yang kita lakukan pasti ada saja yang tidak menyukai kita. Bukankah Nabi Muhammad SAW, seorang teladan yang memiliki budi pekerti mulia saja memiliki haters. Apalagi kita? manusia yang banyak berbuat kesalahan.

Kalau kita anggap pilihan kita itu baik, ya lanjutkan, kita aplikasikan. Untuk orang-orang yang tidak suka dengan pilihan kita, biarkan saja jangan terlalu diambil pusing. Jangan sampai kita ikut- ikutan terpengaruh dengan omongan mereka yang akan menyebabkan kerugian untuk diri kita sendiri dan juga orang lain. Integritas itu penting, komitmen, tanggung jawab pada posisi kita. Karena semua perbuatan akan dipertanggung jawabkan di akhirat nanti.

Ketika kamu merasa orang-orang memusuhimu, menjelek-jelekan kamu karena pilihanmu tidak seperti pilihan mereka. Yang harus dilakukan, tetap pada prinsip kamu. Berdo’a meminta petujuk kepada Allah SWT Yang Maha Membolak-Balikan Hati. Tetap tenang tetap sabar. Tetap berlaku lemah lembut. Lemah lembut disini bukan berarti kamu lemah, tapi tetap tegas sama prinsip yang menurutmu baik. Maafkan. Balas dengan kebaikan. Insya Allah orang yang memusuhimu akan berbalik seperti teman setiamu.

*Masih belajar untuk tegas sama diri sendiri

Bandung, 19 Maret 2018 I  Dwita Ramdhini

Iklan
1

Phobia Darah

FB_IMG_1516515912902

Pernah ga sih punya phobia sama sesuatu dan phobia itu muncul karena sesuatu bukan dari kecil. Iya, aku ngalamin yang namanya phobia darah itu semenjak kelas XI.

Ceritanya dulu aku dapat rangking di kelas, bukan, bukan rangking 3 besar , hhaha pasti semua juga dapat rangking. tapi ada peningkatan dari sebelumnya. hhaha sebagai apresiasi ibu aku mau ngebeliin aku kue kesukaan. Nah waktu itu aku dibonceng ibu naik motor menuju toko kue. Tetapi di jalan di daerah bojong raya, jalannya tuh ada lubangnya gitu dan motor yang dikendarain ibu aku oleng dan jatuhlah kita di tengah jalan raya itu. Beruntung di belakang ada mobil tapi jauh jaraknya kalau dekatkan bisa ketabrak kita, naudzubillah ga mau ngebayangin.

Nah karena aku di belakang jadi aku ngerasain bgt saat-saat motor jatuh sampai mengenai aspal. Refleks aku langsung berdiri terus minggirin motor sendiri sebelum orang-orang sekitar datang nolongin. Oiya dari beberapa kali aku jatuh dari motor selalu reflek cepet2 berdiri, berdiriin motor dan minggirin motornya ga tau kenapa mungkin karena malu nanti diliatin banyak orang ya kalau lama2 ketauan jatuh sampai kaya kuat aja gitu ga ngerasain sakit habis jatuh.

Aku liat ibu aku masih di jalan nahan sakit ga berdiri, takut banget waktu itu takut ada patah tulang gitu. Terus ibu aku berdiri dibantu orang-orang yang nolong. Aku ambil alih ngendarain motor mau dibawa ke dokter ibu aku ga mau, mau pulang aja. Sampai di rumah langsung ke kamar dan waktu dilihat lututnya ngeluarin darah banyak banget.

Darahnya keluar kaya lava dari gunung berapi yang meletus ngalir gitu deras. Sepertinya luka robek kena aspal jalan dan mengenai pembuluh darah jadi darah yang keluar deras. Baru kali itu nanganin yang luka banyak gitu sendiri pula. Panik, pasti, ga tau gimana. Walaupun aku anak PMR tapi ga pernah tuh nanganin yang kaya gitu, paling nanganin yang pingsan waktu upacara tiap hari senin doang. hhaha.

Ibu dibawa ke dokter ga mau. Aku lap sebisanya darahnya, terus aku cepet- cepet ambil daun binahong di depan rumah, yang merupakan tanaman herbal buat ngobatin luka. Nah waktu lagi ngambil daun binahong, badan aku langsung lemes banget terasa ga bertulang dan pandangan seketika gelap, ambruk aku disitu ternyata aku pingsan. hhaha baru ngerasain yang namanya pingsan itu seperti itu. 3 detik aku pingsang sepertinya, sampai pot yang kesenggol tangan aku tumpah tanahnya yang basah kena kulit tangan dan mulai sadar aku posisi terkapar di tanah, langsung refleks berdiri takut diliat orang. Untung lagi sepi jadi ga ada yang liat aku pingsang di pekarangan depan rumah sendiri. hhaha. Segera aku haluskan daun dan ditaruh di luka ibu kemudian ditutup perban. Lukanya lama sembuh, bengkak, sampai akhirnya ke dokter juga.

Semenjak kejadian itu aku yang dulunya ga takut sama darah. Diambil darah untuk cek golongan darah biasa aja. Jatuh berkali-kali dan luka biasa aja karena ga parah sih. hhahaha.. Tapi sekarang kalau liat, jangankan liat, denger cerita orang yang luka karena kecelakaan misalnya badan aku lemes. Tangan sendiri ga sengaja keiris pisau, tubuh langsung lunglai, pusing, buru-buru cari tempat tidur takut pingsan. Phobianya karena darah yang keluar karena rasa sakit sih, yang keluar dari kulit. Terkecuali darah yang keluar tiap bulan dan darah binatang.

Ada yang sama? Punya Phobia darah? Coba tulis di komen ya kalau ada, ingin tau.. hhehe.

***

Tanda Phobia Darah
Phobia adalah ketakutan yang luar biasa pada suatu objek, tempat, situasi, perasaan, atau pun dengan hewan. Phobia bisa terjadi pada siapa saja dan juga banyak macamnya, seperti phobia hewan (anjing, laba-laba, ular), phobia lingkungan (ketinggian, air yang dalam, dan kuman), phobia tubuh (phobia darah, muntah, atau suntikan), dan lainnya.
Dalam beberapa kasus, bahkan seseorang yang memiliki phobia hanya dengan memikirkan sumber phobia bisa membuatnya merasa cemas atau panik. Hal ini dikenal sebagai kecemasan antisipatif.
Phobia darah dalam bahasa medis dikenal dengan istilah hemophobia/hematophobia. Beberapa penderita phobia darah ini mengalami peningkatan tekanan darah dan denyut jantung. Namun, penderita lainnya bisa saja mengalami reaksi phobia atipikal yang menyebabkan wajah pucat dan badan terasa lemah. Mereka juga bahkan mungkin saja mengalami pingsan. Dan reaksi terakhir bisa saja mereka mengembangkan rasa takut baru menjadi takut pingsan. Umumnya, phobia tidak memiliki penyebab tunggal, tetapi ada sejumlah faktor yang terkait.
Pingsan pada phobia darah disebabkan karena gangguan sinkop vasovagal. Sinkop vasovagal terjadi ketika bagian dari sistem saraf Anda yang mengatur detak jantung dan tekanan darah tidak berfungsi sebagaimana mestinya dalam menanggapi pemicu seperti saat melihat darah. Adapun gejalanya yakni kulit pucat; berkeringat dingin; adanya gangguan pandangan/penglihatan; denyut jantung melambat dan pembuluh darah di kaki membesar, yang memungkinkan darah berkumpul di kaki dan menurunkan tekanan darah Anda.
Kendati phobia kerap menyulitkan Anda karena rasa ketakutan akan sesuatu, namun hampir semua macam phobia dapat diobati dan disembuhkan, tidak terkecuali phobia darah. Phobia darah bisa diobati melalui paparan bertahap pada darah itu sendiri untuk menghilangkan rasa takut terhadap darah. Hal tersebut dikenal sebagai desensitisasi atau terapi diri eksposur. Anda bisa mencoba metode ini dengan bantuan dari para ahli.
Selain itu ada beberapa cara untuk mengobati berbagai macam phobia seperti phobia darah, yakni melakukan konseling dan psikoterapi, terapi perilaku kognitif (CBT), dan juga pengobatan untuk mengatasi efek dari kecemasan akibat phobia darah (meliputi obat antidepresan, penenang, dan obat-obatan beta blocker).
Jika Anda kerap mengalami phobia darah atau phobia jenis lainnya, jangan segan untuk segera berkonsultasi pada dokter agar Anda dapat mengatasi rasa takut yang melanda diri Anda. Selain itu, biasakan berpikiran positif untuk mengusir rasa takut yang Anda alami.
Sumber : http://www.alodokter.com/memahami-phobia-darah-dan-penanganannya
0

Merantau

Dulu waktu masih awal kuliah, pengen banget bisa pergi ke luar pulau, dulu pernah bilang ingin ke luar pulau lewatin selat yang kalau liat di peta itu lewat lautan meninggalkan pulau jawa, pulau yang pengen banget dikunjungi pulau Sumatera, kalau bisa ke Aceh sekalian. Terus pernah bilang juga ke Rizka temen deket waktu kuliah dan diajakin ke rumahnya di Lampung nanti kalau liburan semester dan sampai lulus cuma wacana karena berbagai hal.

Sampai setelah lulus diterima kerja di perusahaan retail fashion, ga nyambung emang sama jurusan  saat kuliah di peternakan. Tapi jujur ini bidang salah satu pasion aku banget. Dulu sempet daftar dan lolos di STT Tekstil jurusan Fashion Desain dan Bisnis Garmen tapi ga diambil. Rencana Allah, mungkin ini jalan untuk belajar dan berkarir di bidang bisnis ini.

IMG_20171230_103006

Jalan Pulang

Bersedia ditempatkan di seluruh cabang Indonesia? Ya dulu liat batch 8 saat pemberangkatan untuk di luar pulau hanya laki-lakinya saja, perempuan penempatan masih daerah Jawa tapi saat batch 9 ketika diumumkan penempatan di luar pulau, dan aku mendapatkan penempatan di Aceh.  Antara seneng sama takut. Aceh suatu daerah yang ga asing memang di telinga, mendengar kata Aceh yang terlintas di pikiran serambi mekah, Tsunami, Tari Saman, Kota Islami, tanah rencong, orang-orangnya berwajah khas arab india, dan sesuatu yang asing yang aku belum tau, gimana kotanya, bahasanya, budayanya, sosialnya. Antara ingin, ingin banget ke Aceh, Kesempatan emas yang kayanya kalau aku mundur aku bakalan nyesel, mumpung masih muda kapan lagi, bidang ini salah satu pasion kamu bangetkan wit masa mau dilepas, dan takut , takut nanti ga betah, ga bisa bahasa aceh nanti disana gimana, takut tsunami, jauh dari keluarga, ga ada sodara disana, dll.

Dan akhirnya sampai juga di Aceh. Ternyata Aceh itu indah dan tanahnya juga masih sama datar kaya di pulau jawa, hhaha kebayang liat peta. Banyak sekali kenangan di kota serambi mekah ini. Banyak pelajaran yang bisa di ambil. Pelajaran hidup dan membuka wawasan di otak yang kayanya sempit banget waktu itu. Bertemu dengan orang-orang baru, keluarga baru, sahabat baru, sampai ketemu orang Bandung/Jawa di Aceh tuh kaya ketemu keluarga saking sedikitnya. Sampai merasakan yang namanya rindu kampung halaman serindu itu.

Gimana rasanya di Aceh. Satu kata “SERU”. Bisa merasakan bahagia se-bahagianya sedih se-sedihnya. Haha itulah hidup , life is never flat (Iklan). Mengenal orang dengan berbagai karakter dan berbagai perbedaan untuk saling melengkapi. Banyak cerita yang rasanya ingin ditulis disini. Tapi mungkin menyusul ya di tulisan berikutnya. Semoga makin rajin nulis kedepannya. Udah lama banget wpnya ga diisi.

Rasanya senang bisa singgah di kota ini, Langsa, Bireun, Lhokseumawe, Pidie Jaya, Takengon, Tanah Gayo, Bener meriah, Binjai, Medan. Hingga saatnya meninggalkan kota ini dan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta.

Mau share video, sayang ga bisa di upload. WPnya belum premium jadi ga bisa uplod video 😦 . Ga apa2 deh share link videonya aja. https://quik.gopro.com/v/hpuApkQCHF/ 🙂

Terima kasih hadiah dan kenangan-kenangannya De Nur, Molin, Kak Tya, Kak Riska, Dede Rischa, Mawar, Yulia, Nurul. Maaf belum bisa balas kebaikan kalian. Jazakumullah Khairan Katsiran.

IMG20170820170641

Lagi dirumah tiba-tiba ada abang kurir ketuk pintu bawa kiriman paket sekardus. Ya Ampun terharu dikirimin paket dari Aceh sebanyak ini :’) Katanya makanan cemilan khas Aceh dari seseorang yg aku anggap saudara sendiri . Terima Kasih Banyaaak.

Terima kasih untuk orang-orang yang telah membantu dan menginspirasi Teh Erlia, Pak Idris, Pak Eri, Pak Tono, Pak Niki, Pak Arief, Pak Herman, Teh Marthena, Kak Juli, Pak Agung, Pak Riki, Pak Jimmy, Kak Inur, Kak Tya, Pak Ages, Pak Fellyx, Pak Rian, Tim Banda Aceh, Tim Bireun, Tim Lhokseumawe, Tim Langsa, Tim Meulaboh, Tim Area Sumbagut dan seluruh keluarga besar rabbani.

***

Dear Allah SWT, I really want to thank you for giving me this amazing experience, this beatiful life, happiness, pain, sadness and  everything. Alhamdulillah.

Gambar
0

pohon berbentuk ♥

pohon berbentuk ♥

Kamis 13 Juni 2013

Ceritanya habis dari nangor perjalanan mau pulang ke rumah terus hujan di daerah cibiru,neduh di pinggir jalan sebelah kios disana udah ada beberapa orang yang sedang berteduh juga,sebentar hujan udah reda lanjut perjalanan lagi setelah melintasi bunderan cibiru eh hujannya besar lagi mana ga bawa jas hujan kan,jadi segera berhenti dan cari tempat berteduh lagi ada semacam gubuk di pinggir jalan cepet ngiuhan deh di depannya.udah gitu nunggunya lama banget ga reda-reda hujannya jadi bete kan liat sekeliling dan baru nyadarlah tepat di depan saya di seberang jalan ada pohon yang seperti bentuk love padahal udah lama nunggu tapi baru ngeh,betenya jadi ilang deh serasa DIKASIH BIG LOVE SAMA POHON ♥ :” > ; .hhehe.

udah mulai reda tapi masih hujan lanjut perjalanan lagi eh hujan lagi lah besar neduh deh di bawah pohon di pinggir jalan sendiri 😦 lama lama terus ada orang gila bapa-bapa mau lewat, coba bersikap biasa aja eh pas mendekat ada firasat ga enak pas di depan aku dia senyum sambil bilang apa aku ga ngeh langsung kikuk senyum sambil bilang mau kesana dulu kabur deh ke tukang tambal ban izin ikut neduh.hujannya lama ga berhenti udah gitu banyak lewat mobil motor polisi disusul dengan mobil gegana.rame pokonya selama disana banyak lewat kendaraan polisi beserta sirinenya ada bom gitu?.

udah agak reda lanjut lagi untung ga lewat jalan paling kiri ngambil sebelah kanan banjir lumayan dalam motor2 malah pada mogok dan terpaksa dituntun oleh pemiliknya di daerah mana ya itu pokoknya di soekarno hatta sebelum pom bensin dan perempatan.Udah gitu hujan deras lagi dan harus neduh lagi kali ini neduh di tukang kayu.lamanyaaa tapi aku paksain pulang soalnya udah sore.

Beneran Ini mah perjalanannya lama di jalan dari nangor jam 1 sampe rumah magrib.padahal dinangornya cuma sekitar 1 jam.
Tapi ada yang berkesan:

1. Perginya panas banget,setiap perempatan lampu merah dan setiap perempatan sampai nunggu 200 detik.
2. Waktu perginya di perempatan ada doger monyet .kebetulan berhenti pas didepan jadi jelas liatnya.Yang aku baru liat dan wow bgt itu monyetnya bisa naik egrang lah udah gitu egrangnya tinggi.bisaan itu monyetnya ,hhaha lumayan hiburan mau di foto tuh aksinya susah ngeluarin hp.
3. Jarang-jarang kan dikasih lope sama pohon
4. Pergi kepanasan pulang kedinginan, Lengkap!

Sekian.

0

Siti Habibah

              Dari judulnya aja, kalian pasti tau itu adalah sebuah nama.Dan siapakah diaaaa?.Dia itu sahabat kecil saya waktu SD.sahabat yang dalam kebersamaan selama kurang dari satu setengah  tahun.Pertama kali kenal sama dia,waktu saya masih imut dan unyu-unyu dan sekarang juga masih sih.hhaha *abaikan saat baru masuk SD.Saat itu saya yang ditemani ibu udah dapet duluan bangku.udah gitu saya nunggu-nunggu siapa ya yang nantinya bakal duduk sebangku dengan saya.dan kemudian datanglah siswi baru yang cantik,putih dan unyu juga seperti saya.akakak diantar ibunya.dan dialah yang beruntung duduk sebangku dengan saya.ahaha *abaikan.perkenalan pun terjadi.sampai kita jadi akrab,mungkin karena kita sebangku dan kita main bareng,belajar bareng.dan jadilah suatu persahabatan.
             Hari-hari itu kita jalani dengan suka cita.sampai akhirnya saat saya baru naik kelas dua.bangku sebelah saya kosong.yap siti ga masuk sekolah.saya pikir dia mungkin lagi sakit atau izin.daaan udah 3 hari bangku sebelah saya kosong.saya ngerasa kehilangan dan kesepian saat itu.temen-temen yang lain pada nanya siti kemana ke saya,dan saya ga tau.Saya bilang mungkin dia lagi sakit dan saat itu saya dan temen-temen lain berencana nengok kerumahnya.
                Dan sesaat kemudian wali kelas saya saat itu pa aka bilang kalau siti udah pindah keeee dan sialnya saya lupa kemananya.Betapa sedihnya sahabat saya kenapa ninggalin  *hhaha lebay.tapi iya sih itu yang saya rasakan waktu saya kecil dulu.Hari-hari di sekolah saya lalui tanpa siti.meskipun banyak sahabat-sahabat lain yang baik dan care ke saya tapi ga ada yang bisa ngegantiin sahabat yang seperti dia.sahabat saya yang pertama,teman sebangku.dia udah ngajarin saya arti persahabatan dan sampai sekarang saya ga bisa lupain sahabat kecil saya.
               saya kangen sama sahabat kecil saya.Dia ilang tanpa jejak!.saya udah coba cari di fb, twitter dll tapi nama dia tuh banyak.mungkin sekarang wajahnya udah berubah tidak seperti kelas 1 SD dulu.ingatan saya pun perlahan kabur karena sudah terlalu lama dan saya ga punya foto dia.saya udah ga bisa ngenalin wajah dia yang mana.hhaha dan saya harap suatu saat nanti saya bisa bertemu dengan sahabat kecil saya itu.
miss  Siti Habibah
Sampingan
0

Setiap kita memiliki seseorang yang tersembunyi di dasar hati dan ketika kita berfikir tentang dia, kita akan merasa seperti…  seperti merasa sedikit sakit di dalam.. tapi, kita masih ingin mempertahankan orang tersebut walaupun aku tidak tahu dimana dia sekarang, apa yang sedang dia lakukan, tapi dialah yang mengajarkan aku ini “a crazy little thing called love”

0

kangen hewan2 di sekitar saya dulu :(

hallo yang baca! 🙂

sekarang saya kangen,kangen banget sama keadaan lingkungan saat saya masih kecil.

waktu saya masih kecil tuh lingkungan masih asri,masih ada sawah setiap sore suka main ke sawah,lewat jalan setapak yang ada di sawah tau kan jalan yang dari tanah itu.nyebranglah ceritanya berkelana.terus suka cari impun sejenis ikan kecil-kecil yang transparan seperti ikan teri di selokan,selokan dulu ada airnya dan airnya jernih.dulu ikan impun masih banyak ditemui di selokan depan dan belakang rumah saya,ikannya banyak suka bergerombol gitu disudut2.lucu deh apalagi kalo ada ikan yang lagi hamil,gendut perutnya,terus nangkep kecebong juga ,lucu banget bentuknya,hitam bulat dan ada ekornya,asik – asik aja nangkepnya beda soalnya sama kodok kalo kecebong lucu dan sering ditemui telor kodok di air selokan yang panjang berbentuk rantai.

kalau anak laki-laki biasanya suka cari belut,perlengapannya sederhana cukup senar,kaitan,dan umpan.belut biasanya ada di lubang-lubang yang ada di pinggiran selokan,harus jeli juga cari lubangnya,setelah ada lubang masukkin deh senar yang telah dikasih umpan,dan di gerakkan,dan hap belutnya ketangkep,lumayan tuh belutnya bisa dapet beberapa ekor,bisa dimasak sendiri bisa dijual juga,tapi kalo lagi ga beruntung malah yang keluar kepiting kecil bahkan sudah nunggu beberapa menit belutnya ga ada.tapi asik sih cari kaya gitu.kalo dapet ada kepuasan tersendiri.

dulu juga masih ada kebon,disanah kita suka main-main,main masak-masakkanlah pake dedaunan yang ada di kebon,bikin kalung atau buat wayang dari tangkai singkong,cari macam-macam kumbang,dulu masih banyak ditemui kumbang emas dan kumbang transparan,belalang,cengcorang,jangkrik,lege,kupu-kupu,capung,bunglon,dan masih banyak lagi.

dan bagaimana keadaan sekarang,solokan surut,airnya kotor tercemar limbah.sawah sudah nyaris tidak ada,diganti dengan didirikannya bangunan,bahkan sawah yang cukup luas di belakang sana sekarang akan dibangun perumahan,MIRIS 😦 .

kemana hewan-hewan kecil yang indah dan lucu itu 😥 .Ikan impun,kecebong,belut,kepiting kecil,kodok,berbagai macam kumbang,belalang,cengcorang,bunglon,sekarang udah sulit ditemui bahkan udah ga ada.Kupu-kupu dan capung sangat sedikit yang terbang dan jarang,dan warnanya ga seindah dulu.Kemana sawah yang dulu jadi tempat berpetualang anak-anak kecil,kemana lingkungan yang asri seperti dahulu :'((.

Jadi sedih da kalo liat anak kecil jaman sekarang,kalau waktu jaman saya kecil kita main2 di sawah,di kebon,di lapangan.kalau sekarang mainannya di mall di warnet ,atau main game online di rumah.

kembalikan lingkungan seperti dulu!

0

Alhamdulillah :’)

Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah  Allah telah merencanakan semuanya,semua yang tak disangka sangka akan terjadi,di balik kesulitan ada kemudahan dan Allah telah mengaturnya.kita hanya bisa usaha,sabar,tawakal dan berdo’a.kita hanya bisa berencana dan Allah SWT yang akan menentukan.

GambarGambarSPMB