cacar untuk kedua kalinya

Udah seminggu,alhamdulillah cacarnya udah kering dan masih meninggalkan bekas kecoklatan,aneh kata orang-orang cacar tuh sekali seumur hidup ya,lah ini saya kena cacar lagi. Bermula dari sehabis renang badan rasanya pegal2,malamnya meriang,dan besoknya sakit nelen.rasanya seperti mau flu.karena takut flu mana masih uas kan 4 hari lagi.jadi pas pulang kerumah langsung ke dokter.dikasih antibiotik 3×1,paracetamol 3×1 sama obat radang dexamethasone.terus dokternya bilang,punya alergi obat ga?aku jawab ga pernah.kata dokternya kalo alergi antibiotiknya dihentikan aja.

udah minum obat rutin,pas hari kedua mulai ada ruam merah gatal di leher dikira gatal biasa.minum obat tetap dilanjutkan soalnya setau aku kalo minum antibiotik harus dihabiskan kalau engga nanti mikrobanya resisten.nah besoknya tampak kulit merah gatal2nya muncul lagi di tangan kaki cuma dan badan cuma satu dua sih tapi mulai curiga jangan2 saya alergi antibiotik,teringat pesan dokter saya hentikan penggunaan antibiotik.Merah gatal di kulit tampak lagi di tangan dan kaki.paling banyak di tangan kiri 5 buah dan 3 buah di tangan kanan.kaki kanan 3 buah dan kaki kiri 4 buah.Rasa gatalnya menjadi jadi gatal sangat perih udah gitu berubah jadi gatal yang ada airnya di dalam masa iya kutu air sebesar ini,ini mah kaya cacar.tapi masa iya cacar untuk kedua kalinya.

Nah, jum’at aku pulang lagi kerumah.ini gatal tambah bengkak aja dan nambah.besoknya lagi mulai muncul di muka 1 dan di dekat telinga 1.ah saya jadi takut.ini mah seperti cacar.Hari senin saya ke puskesmas dan ternyata ini beneran cacar.saya dikasih obat Acyclovir tablet dan salep Acyclovir 5% juga dexamethason 0,5 mg.lagi lagi harus minum obat lagi.Di puskesmas bayarnya belasan kali lipat lebih murah dari klinik atau ke RS.tapi ya itu harus dateng pagi2 dan rela nunggu antrian yg agak lama.hhehe
Benarkah cacar terjadi untuk kedua kalinya?Setelah saya cari di internet menemukan banya artikel dan salah satunya ini :

KOMPAS.com – Cacar air atau disebut juga varicella adalah penyakit yang biasa didapat pada anak – anak saat mereka kecil dan disebabkan oleh varicella zoster virus (VZV). Gejala – gejala yang timbul biasanya disertai dengan gelembung – gelembung kecil berisi cairan. Banyak mitos yang mengatakan bahwa sekali terkena cacar air maka tidak bisa terkena cacar air untuk kedua kalinya, apakah itu benar? Mari kita lihat disini.

Jika Anda sudah pernah terkena cacar air sebelumnya, memang jarang sekali timbul untuk kedua kalinya, akan tetapi hal ini bisa terjadi jika daya tahan tubuh Anda rendah ataupun infeksi pertama kalinya sangat ringan sehingga bisa timbul untuk kedua kalinya meskipun yang kedua kalinya mungkin tidak akan sehebat yang pertama.

Mengapa bisa timbul untuk kedua kalinya? ini berkaitan dengan adanya virus varicella yang sebenarnya tidaklah hilang dari tubuh melainkan tertidur di dalam serabut saraf – saraf sehingga masih bisa timbul kembali meskipun jarang berupa cacar air kembali.

Biasanya infeksi yang sering terjadi untuk kedua kalinya pada individu yang pernah terkena cacar air adalah terkena Herpes zoster atau yang kita sebut cacar ular, hal ini bisa terjadi karena virus yang sama yaitu varicella zoster virus yang menyebabkan cacar air juga menyebabkan timbulnya herpes zoster.

Seseorang yang belum pernah terkena virus varicella pada saat pertama kali terkena virus ini akan menampilkan gejala – gejala cacar air dan setelah itu, virus ini akan berdiam di dalam tubuh sehingga kita memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Jika virus ini aktif kembali maka virus ini muncul dengan gejala yang sedikit berbeda dari varicella dan disebut herpes zoster dimana secara umum gejala yang terjadi adalah rasa nyeri hebat atau rasa panas terbakar saat tubuh Anda bersentuhan dengan sesuatu meskipun sentuhan ringan seperti baju dan juga disertai dengan timbulnya gelembung – gelembung berisi cairan yang mirip dengan cacar air.

Sebuah hubungan yang unik memang antara varicella dengan herpes zoster tersebut, secara teori timbulnya herpes zoster ini berkaitan dengan respon imunitas tubuh kita yang rendah, tapi pada prakteknya, seringkali juga herpes zoster terjadi pada individu yang memiliki sistem imunitas normal dan tidak rendah. Pada pasien – pasien ini herpes zoster biasanya timbul karena kadar antibodi virus varicella zoster dan imunitas seluler dalam tubuh kita turun hingga tidak lagi efektif untuk menahan virus ini dan timbul aktivasi kembali.

Anda tidak usah bingung dengan adanya nama herpes karena virus varicella zoster ini memang termasuk keluarga “Herpes Virus” yang sama dengan virus herpes simplex yang biasa mengenai area genital maupun mulut.

Jadi benarkah pendapat yang mengatakan cacar air tidak bisa terkena dua kali? Tidak benar, meskipun jarang terjadi cacar air kembali tapi ternyata cacar air bisa terkena dua kali, entah mungkin saja berupa cacar air kembali ataupun sebagai herpes zoster. Semoga ini bisa menambah informasi kesehatan Anda.

dr. Intan Airlina Febiliawanti

Sumber:
http://kesehatan.kompas.com/read/2009/10/14/04114136/bisakah.terkena.cacar.air.dua.kali.

Oh besar kemungkinan daya tahan tubuh saya kemaren sedang kurang fit karena menghadapi UAS,hhahaha bisa jadi juga karena saya terlalu maceuh (asyik berlebihan) saat di kolam karena sudah lama tidak berenang.bisa jadi juga karena takdir.hhehe. Inikah yang disebut virulen kembali seperti yang dibahas oleh Bu Eulis dan Pak Zam-zam saat matkul mikrobiologi?.Alhamdulillah cacarnya ga separah seperti yang pertama.hanya di beberapa bagian tubuh saja dan sedikit.Sekarang sudah mulai kering hanya saja meninggalkan bekas kecoklatan semoga cepat hilang.dan akhir2 ini kandisi saya belum fit masih suka demam dan ga enak badan. Karena keisengan saya searching tentang obat yang saya minum mungkin karena dexamethasone yang telah saya hentikan penggunaanya secara tiba2 (tidak ada pengurangan dosis secara berkala).

” Beberapa manfaatnya adalah untuk obat anti radang, penambah nafsu makan, dan obat pegal linu. Sedang efek sampingnya adalah Glaukoma (Tekanan bola mata tinggi, yang pada tingkat lanjut dapat merusak saraf mata secara permanen), gangguan pencernaan, kehabisan protein, pertumbuhan terganggu (Pada anak), Moon face (Wajah membulat) dan masih banyak lagi.

Lebih parahnya lagi, yang sudah mengonsumsi Dexa, tidak boleh berhenti mengonsumsinya secara mendadak. Mereka, para korban Dexa, harus secara perlahan-lahan mengurangi dosis sampai pada titik 0 kali sehari. Sebab kalau tidak, si korban akan merasakan badannya lemas tak bergairah, hilang nafsu mkan, dan tubuh sendiri belum siap memproduksi hormon …. (lupa namanya) secara alami- yang sebelumnya diambil alih produksinya oleh si Dexa.”

sumber : dikutip dari http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/04/30/gara-gara-dexamethasone-555857.html

apakah diantara sahabat pembaca wp ada yang pernah mengalami cacar untuk kedua kalinya seperti saya?boleh di share pengalamannya disini,tapi semoga tidak ada ya jangan sampai.jaga kesehatan,jaga kondisi tubuh.karena sehat itu nikmat.alhamdulillah πŸ˜€

Iklan

6 respons untuk β€˜cacar untuk kedua kalinya’

  1. Kalau pertahanan tubuh lg ga bagus, bisa kena cacar lagi. Adikku juga kena lagi. Stl melahirkan ngelayap kemana-mana.. suatu hari pas pulang gatal-gatal timbul bercak2 berair .. ke dokter ternyata kena cacar ular.

  2. Ternyata penyakit cacar bisa terjadi dua kali tidak hanya satu kali saja dalam seumur hidup namun hanya saja gejalanya yang berbeda, thanks gan untuk infonya sangat bermanfaat sekali!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s