Kamis,21 Februari 2013

Kamis,21 Februari 2013

Hari ini tuh hari pertama mata kuliah agroklimatologi, kita kuliah pagi jam 07:30 di gd.2 lt.2 rk.3.sudah sampai tempat,kemudian dosennya dateng,nama dosennya bu Nyimas tapi katanya cukup panggil bu popi,namanya mengingatkanku pada kakak kelasku waktu di MAN dulu yang sekarang dia kuliah di fakultas kedokteran Unsoed.kembali ke bahasan,dilihat dosen matkul ini baik,Alhamdulillah : ) . Seperti biasa setiap pertemuan pertama kuliah diadakan pendahuluan dahulu,biasanya adanya kontrak kuliah dan pengenalan dosen yang mengajar matkul,materi dan tata tertib selama menjalani kuliah sampai akhir semester. Sesudah menyampaikan kontrak kuliah,karena masih ada jam bu popi mengabsen kita satu persatu dan di tanya asal sekolah. saat di absen satu persatu teman-temanku menyebutkan asal sekolah sesekali ibu bertanya balik dimana tempat daerah itu. rata-rata di kelas teman-temanku berasal dari SMA dan beberapa ada yang berasal dari SMK.Dari MAN sepertinya hanya aku saja di kelas.jadi agak-agak gimana gitu. Sesudah ibu mengabsen Rizka Diannika yang absennya diatasku dan menanya-nanya asal sekolah kemudian giliran…

Dosen : Dwita Ramdhini

Aku : (angkat tangan) ibu!

Dosen : (melihat kearahku). Asal sekolah dari mana?

Aku: MAN 1 Bandung

Dosen : SMAN 1 Bandung

Aku : MAN 1 Bandung bu (beberapa teman membantu mengulang)

Dosen : oh MAN 1 Bandung, dimana?

Aku : Cijerah bu.

Dosen : di cijerah, dulu ibu punya anak wali dari MAN 1 yang di cijerah namanya Deti ,kenal ga?udah lama sih.

Aku : hmm (mengingat) engga bu (sambil geleng2 kepala)

Dosen: dulu dia dapat ipk paling tinggi 3,9… (3,9 berapa gitu aku lupa).

Aku : (dalam hati: subhanallah wow sekali ). Angkatan berapa bu?

Dosen: angkatan berapa ya?lupa ibu juga udah agak lama. anaknya padahal biasa aja,kaya ga suka belajar,tapi pinter ipnya bisa 3,9.. heran ibu juga.semuanya dapet A,cuma karena 1 mata kuliah dapet B.percaya ga mata kuliah yang dapet B apa?Mata kuliah yang sama Ibu,Agroklimatologi. tapi dia emang agak kurang di pelajaran agroklimatologi.tapi dia hitung-hitungannya bagus.yah gimana ya ibu sih ngasih nilanya seadanya. padahal kalo dapat A ip nya bisa 4.

Dosen : (liat absen) Dwita ya,coba nnti tanya ya,cari tau.ibu juga pengen tau sekaran Deti gimana,kerja dimana.

Aku : Iya bu

Dan dosen pu melanjutkan absensinya.

Ini nih salah satu hal yang cukup menggembirakan menjadi alumni man.Sebagian orang mungkin menganggap sebelah mata pada Aliyah dan memilih sekolah di SMA ketimbang di Madrasah Aliyah.Orang-orang menganggap MAN itu seperti … terdengar asing. Pernah suatu hari ada temanku yang bertanya saat aku menyebutkan nama sekolahku.MAN itu apa?aku jawab Madrasah Aliyah Negeri. Itu Negeri?iya (dalam hati: yaiyalah namanya juga MAN,Madrasah Aliyah Negeri).terus dia bertanya lagi ‘’itu belajarnya gimana,kaya pesantren ya”.aku bilang aja “Belajarnya sama kaya di SMA Cuma ada point plusnya,kalau di MAN Pelajaran agamanya dibahas lebih dalam lagi porsinya lebih banyak ada B.Arab, Fiqih, Qur’an Hadist,SKI (Sejarah Kebudayaan Islam),Aqidah akhlak dll.

Saat masih duduk di SMP dulu,Aku sih udah ada niat mau ngelanjutin ke MAN,Cuma Karena teman-teman saat akhir masa SMP dulu pada ingin melanjutkan ke SMAN/SMKN apalagi kebanyakan milihnya yang favorite jadi tergoda juga.Sempet bingung juga dulu antara melanjutkan ke MAN/SMAN/SMKN .Tetapi setelah difikir-fikir lagi aku bulatkan tekat untuk melanjutkan ke Madrasah Aliyah.Pernah tuh waktu kelas 9 kan suka saling tanya-tanya mau ngelanjutin kemana,salah satu temen aku nanya ke aku,terus aku bilang ke MAN  yang kebetulan dekat rumahnya dia  . Terus aku tanya balik dia juga masih bingung,sepertinya mau ke SMA (menyebutkan SMA favorit).Terus aku iseng ajak dia,ke MAN aja yuk kan deket dari rumah kamu.Terus dia bilang ngga ah di MAN mah susah nanti masuk PTNnya,ada saudara aku juga yang di MAN ga masuk PTN. Jleb,sebel tuh sama temen aku ngomong segitunya banget.aku bilang aja ya itu mah gimana orangnya.

Memang sih ya dulu MAN tidak se-Populer SMA,malah mungkin jadi pelarian yang ga masuk SMAN. Ada cerita salah satu temen SD dulu.waktu SMP masih suka kontak lewat SMS.Aku Tanya dia mau melanjutkan kemana,terus dia bilang mau ke… atau ke… (menyebutkan nama SMAN favorite di Bandung).terus dia nanya balik kan,aku bilang mau ke MAN.terus dia balas.oh kalau aku ke MAN mah ga siap euy. Oke aku ga tau pandangan mereka bagaimana.tapi seakan-akan you know what-lah.Dan saat pengumuman NEM dia minta do’a supaya masuk SMA ini dan itu.terus aku tanya bukannya mau ke SMA sana?terus dia bilang NEMnya tidak mencukupi.Ya aku do’akan supaya dia diberikan yang terbaik.Saat pengumuman kelulusan SMA ini keluar.dia sms dia tidak lolos SMAN ini dan minta do’a supaya masuk SMAN itu.tetapi sayangnya SMAN itu pun tidak lolos.Terus aku tawarkan ke MAN  masih dibuka pendaftaran sampai tanggal sekian.Ahirnya besoknya dia mendaftar juga ke MAN dan diterima.

Lulusan MAN ga kalah ko sama lulusan dari sekolah lain.Malah menurut ku banyak point plusnya yang belum tentu bisa didapatkan di yang lain.fasilitas lengkap dan sekolahnya luas banget dan nyaman,prestasi oke. Buat yang sekarang mungkin mersa terpaksa masuk ke MAN karena tidak lolos masuk SMAN/SMK yang diingikan atau disuruh orang tuanya.jangan berkecil hati.Madrasah Aliyah tidak kalah ko.Banyak lulusannya yang tersebar di berbagai perguruan tinggi seperti UI,UGM, ITB, IPB, UNPAD ,UPI, UIN, UNSOED, POLBAN,POLTEKES dan peruruan tinggi lainnya yang ga bisa disebutin satu-persatu.Tidak seperti anggapan kebanyakan orang yang menganggap lulusan MAN cuma bisa ngelanjutin ke Universitas Islam saja.Masuk SMAN favorite pun tidak menjamin semua lulusannya akan masuk PTN. dan Alhamdulillah sekarang bisa ngebuktiin. Oke pelajaran yang bisa di ambil boleh jadi apa yang kita anggap itu buruk  padahal itu yang baik. don’t judge a book by its cover 🙂

*hanya berceloteh ambil sisi baiknya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s